SILABUS IAD, ISD, IBD STAIN KUDUS

Sumber: Silabus Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus Tahun 2012
MATAKULIAH: IAD, ISD, IBD
KODE/PRODI: 07-STAMPKPAI/PAI, 08-STAMPKPGRA/PGRA
KOMPONEN : MPK
PROGRAM : S1
BOBOT : 2 SKS

A. KOMPETENSI MATA KULIAH
1. Mahasiswa mengetahui dan memahami tentang konsep-konsep dari IAD, ISD, IBD.
2. Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menganalisa pokok-pokok pengetahuan alam, pengetahuan sosial dan humaniora.
3. Mahasiswa memiliki kemampuan mengaplikasikan konsep-konsep tersebut dalam menyelesaikan permasalahan kehidupan.

B. HASIL BELAJAR
1. Mahasiswa mampu menguasai konsep-konsep dari IAD, ISD, IBD.
2. Mahasiswa mampu menerapkan konsep-konsep tersebut dalam bermasyarakat dan bernegara.
3. Mahasiswa mampu menggunakan konsep-konsep tersebut dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan kehidupan.

C. INDIKATOR HASIL BELAJAR
1. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep-konsep yang ada dalam IAD, ISD, IBD.
2. Mahasiswa dapat memilih konsep-konsep yang diperlukan dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada.
3. Mahasiswa dapat menggunakan konsep-konsep tersebut untuk menyelesaikan masalah sosial, ekonomi, budaya maupun masalah yang berkaitan dengan alam dan teknologi.

TOPIK INTI
1. Pengertian, objek dan ruang lingkup IAD, ISD, IBD
2. Al-Qur’an dan As-Sunnah sebagai sumber ilmu pengetahuan
3. IAD, ISD dan IBD sebagai sistem pembelajaran unit
4. Gejala alam, sosial dan budaya dalampembentukan perilaku keberagamaan
5. Teknologi keras dan teknologi lunak dalam keberagamaan
6. Perubahan alam, sosial dan budaya dan pengaruhnya terhadap kebergamaan
7. Norma-norma alam, sosial dan budaya dalam konteks perilaku keber-agamaan
8. Potensi alam, sosial dan budaya dalam keberagamaan
9. Konflik lingkungan alam, sosial dan budaya terhadap perilaku keberagamaan
10.Pelapisan lingkungan alam, sosial dan budaya dalam keberagamaan

METODE PEMBELAJARAN
1. Information research dan Out door activity
2. Problem solving dan Small discussion
3. The power of two dan Role play
4. One is teacher dan Pro kontra

MEDIA PEMBELAJARAN
1. White Board dan LCD
2. Alat Peraga
3. Literatur dan Perpustakaan

SISTEM EVALUASI
1. Essay test
2. Problem solving
3. Studi kasus
4. Portofolio

REFERENSI
 Abdullah Ali dkk., Ilmu Alamiah Dasar.
 Al Qur`an dan Sunnah
 Bresler JB., Human ecology.
 Butler EW., Urban sociology Systematic Approach.
 Darmansyah, Ilmu Sosial Dasar.
 Djoko Widagdo dkk., Ilmu Budaya Dasar.
 Ellul Jacques, The Tehnology Society, Terjemahan John Wilkinson.
 Hartono dkk., Ilmu Sosial dasar.
 Kluckhon C, The Studiy of Culture.
 Marton RK, Social Theory and sicial structure.
 Maskoeri Jasin, Ilmu Alamiah dasar.
 Maududi Abdul A`la, Islamic way of Life, terjemahan Osman Raliby.
 Munandar Solaeman, Ilmu Budaya dasar.
 ———————, Ilmu Sosial dasar.
 Nizamuddin dkk., Ilmu Alamiah Dasar.
 Norcholis Madjid, Islam Doktrin dan Peradaban.
 ——————, Pintu-pintu Menuju Tuhan.
 Quraish Shihab M., Wawasan Al Qur`an.
 —————-, Wawasan Al Qur`an Seputar Ibadah dan Muamalah.
 Rohiman Notowidagdo, Ilmu Budaya Dasar.
 Soerjono Soekanto, Sosiologi Suatu Pengantar.
 Southwich Ch. H, Global Ecology, Sinauer association.
 Utsman Najati, Al-Qur`an dan Ilmu Al Nafs, terjemahan Ahmad Rafis Usmani.

About these ads

Leave a comment

Filed under IAD ISD IBD, SILABUS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s